baju pdh pramuka

Baju PDH Pramuka

Baju PDH Pramuka

Mengenal Fungsi dan Spesifikasi Baju PDH (Pakaian Dinas Harian) Pramuka

Baju Lapangan Pramuka merupakan seragam yang digunakan saat menjalani aktivitas di ruang terbuka. Rancangan model dan bahan dasarnya dibuat senyaman mungkin bagi tubuh, agar lebih bebas bergerak dalam mengikuti semua rangkaian kegiatan.

Fungsi Baju Lapangan Pramuka

Baju pramuka jenis ini biasa disebut juga dengan PDL atau Pakaian Dinas Lapangan. Desain dibuat mengikuti aktivitas yang dijalankan oleh seorang anggota pramuka. Di bawah ini terdapat ulasan singkat tentang fungsi-fungsinya, yaitu antara lain:  

1. Sebagai Identitas

Baju lapangan diharapkan bisa membawa identitas pramuka dan gugusnya. Maka dari itu, seragam ini dibuat sedemikian rupa untuk menonjolkan keciri khasan kesatuan mereka. Baik dengan corak warna atau logo yang ditampilkan.

Sehingga dengan melihat tampilan luarnya saja, sudah dapat diketahui darimana asal keanggotaannya. Maka dari itu, warna khas dan model biasanya dibuat berbeda daripada yang lain. Dengan begitu secara sekilas sudah sangat terlihat.

Baju PDH Pramuka

2. Memudahkan Aktivitas

Desain seragam lapangan ini dirancang sesuai dengan aktivitas para anggota pramuka. Ditambah lagi bahan dasarnya ringan dan mudah menyerap keringat. Sehingga, peserta dapat mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan baik.

Seragam lapangan ini memang dikhususkan untuk kegiatan di ruangan terbuka yang penuh dengan rintangan dan berbaur di alam. Maka dari itu jika dilihat secara seksama, setiap desain memiliki fungsi melindungi pemakainya.

3. Sebagai Pelindung dari Cuaca dan Rintangan di Lapangan

Terdapat dua jenis seragam dalam organisasi kepramukaan, yaitu baju harian (coklat muda dan tua) dan lapangan. Khusus pakaian outdoor, dibuat dengan desain yang sangat aman untuk goresan, benturan dan perubahan cuaca.

Pelindung berupa lapisan terdapat pada bagian siku. Walaupun tidak begitu tebal namun cukup aman dari goresan benda tajam. Selain itu, juga berfungsi melindungi dari benturan-benturan yang dialami saat melakukan aktivitas.

Baju PDH Pramuka

Spesifikasi Baju PDL Pramuka

Sebenarnya, tidak ada spesifikasi khusus dalam pembuatan baju lapangan pramuka. Namun, ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan agar dapat sesuai dengan fungsinya. Sehingga si pengguna pakaian dapat nyaman dalam beraktivitas.

Berikut spesifikasi umum yang biasa digunakan dalam pembuatan baju lapangan pramuka:

1. Kain Tebal

Jenis kain yang digunakan agak sedikit tebal, tujuannya untuk melindungi tubuh dari cuaca dingin namun tidak membuat gerah di saat musim panas. Sehingga, pengusaha konveksi PDL sangat berhati-hati dalam pemilihan materialnya, agar baju lapangan ini bisa digunakan pada kondisi apapun.

Biasanya untuk pramuka, kebanyakan menggunakan cotton combed yang bergramasi 30s. Karena kain jenis ini lebih cepat menyerap keringat, namun teksturnya lembut dan tebal. Sehingga si pemakai akan lebih nyaman beraktivitas dalam berbagai kondisi.

2. Model Simpel

Desain untuk baju lapangan pramuka memang dibuat sesimpel mungkin, agar dapat bebas mengikuti kegiatan di luar ruangan seperti, berkemah, oleh raga, bakti sosial dan lain-lain. Kebanyakan model yang dipilih berupa kaos tanpa kerah, namun diperindah dengan lis karet mengelilingi lubang leher.

Ada sebagian orang yang menyukai PDL dengan model kerah karena lebih terlihat elegan dan rapi. Namun ini tergantung selera masing-masing, tidak semua keinginan pemesan sama. Maka dari itu, sebagai penyedia jasa hanya dapat memberikan pilihan namun keputusan ada di tangan customer.

Baju PDH Pramuka

3. Terdapat Pengaman di Bagian Siku

Untuk lengan baju, pada umunya dipilih panjang hingga pergelangan tangan. Hal ini untuk melindungi dari paparan matahari atau suhu dingin. Kemudian ada beberapa tambahan lapisan busa di bagian siku, tujuannya untuk menjaga tubuh dari goresan benda tajam dan benturan.

Pengaman siku ini dijahit dengan rapi hingga tidak mudah bergeser dan melar. Sehingga, nyaman digunakan dalam waktu yang lama dan kondisi apapun. Penambahan aksen membuat keren tampilan baju lapangan untuk pramuka.

4. Pemiihan Warna Agak Mencolok dan Polos

Pemiihan warna pada baju lapangan disesuaikan dengan identitas gugus depannya. Ciri khas inilah yang membuat kesatuan pramuka dapat dengan mudah dikenali. Namun, ada juga beberapa organisasi memiliki corak sama persis, tapi mereka bedakan dengan variasi jahitannya.

Dalam pemilihan warna baju lapangan, pada umumnya tanpa motif.  Model pakaian polos namun dipadupadankan kombinasi corak lain yang dijahit dengan variasi, sehingga lebih bagus dilihat. Selain itu, juga dihiasi dengan logo gudep dan nama-nama peserta sehingga tampak lebih berisi.  

5. Terisi Dengan Atribut

Selain warna, baju lapangan pramuka juga berisi logo gugus yang biasa diletakkan di dada bagian kiri atau tepat pada kantong. Namun tidak menutup kemungkinan untuk menempatkannya di bagian lain, ini disesuaikan dengan keinginan pemesan.

Selain logo, biasanya disertai nama anggota di bagian belakang. Namun penempatannya disesuaikan dengan keinginan pemesan. Dengan begitu, baju lapangan pramuka ini sudah membawa identitas gugus depan sekaligus diri pesertanya.

Demikianlah ulasan singkat tentang fungsi dan spesifikasi baju lapangan pramuka, mungkin laman ini bisa menambah inspirasi bagi Anda yang ingin menajalankan usaha pembuatan PDL, agar nantinya tidak salah dalam desain dan pemilihan bahan dasar.

Info dan Pemesanan Baju PDH pramuka:

Baca juga:

Desain Baju Karang Taruna