Bahan Baku Konveksi Kaos

Bahan Baku Konveksi Kaos

Bahan baku konveksi kaos, tidak hanya terdiri dari satu jenis bahan, melainkan banyak pilihan bahan dengan keunggulan masing-masing. Bagi yang ingin memiliki di bidang industri pakaian sebaiknya memiliki pengetahuan dasar mengenai bahan-bahan kaos dan karakteristik masing-masing bahan.

Hal ini supaya dapat menyesuaikan dengan hasil produksi dengan trend yang sedang pasar sukai. Juga untuk membuat produk unik dan pecinta fashion sukai. Selain itu juga dapat memberikan saran mengenai bahan yang bagus untuk pesanan pelanggan.

Bahan Baku Konveksi Kaos

Seiring perkembangan industri pakaian jadi yang semakin maju dari tahun ke tahun, perkembangan bahan baku konveksi kaos juga mengalami peningkatan yang cukup pesat. Sehingga ketika hendak membuat produk pakaian harus bisa menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

1. Katun Combed

Bahan Baku Konveksi Kaos

Katun combed adalah bahan kaos yang paling banyak orang sukai, karena terbuat dari serat kapas murni sehingga menyerap keringat dengan baik. Keunggulan bahan ini ketika memakainya tidak terasa panas dan cocok penggunanya juga bisa memadukan dengan teknik sablon DTF.

2. Katun Carded

Serupa dengan katun combed, katun carded juga menggunakan serat kapas untuk membuatnya namun dengan ukuran yang lebih pendek. Sama-sama bisa menggunakan teknik sablon DTF, kaos dengan bahan katun carded harganya jauh lebih murah daripada dengan katun combed.

3. Polyester atau PE

Bahan yang biasa orang sebut dengan PE ini terbuat dari serat sintetis yang berasal dari material bernama polyester. Kaos PE ciri-cirinya terasa kasar, daya serapnya sedikit dan tipis. Meskipun begitu keunggulan dari bahan PE ini lebih kuat daripada katun combed atau carded.

4. Teteron Cotton atau CT

Bahan kaos yang lebih terkenal dengan sebutan TC ini terbuat dari bahan teteron cotton yang merupakan bahan katun dengan tambahan polyester yang lebih banyak. Kaos dengan bahan TC ciri-cirinya adalah terasa lembut saat memakainya, tidak mudah kusut namun kurang menyerap keringat.

5. Hyget

Kaos dengan bahan hyget ini biasanya orang gunakan untuk membuat kaos promosi atau kaos partai yang jumlahnya banyak. Berbahan dasar filamen yang mirip dengan plastik, kaos Hyget biasanya tipis dan cocok kita pakai saat cuaca panas di tengah keramaian.

6. Chief Value Cotton atau CVC

Bahan kaos yang satu ini terbuat dari katun dengan campuran polyester yang lebih sedikit. Ciri khas bahan kaos CVC ini nyaman saat kita pakai dan tidak mudah kusut. Kalau bahan TC adalah jumlah polyesternya lebih banyak, kalau CVC jumlah katunnya yang lebih banyak.

Jenis Benang Beserta Fungsinya

Jenis benang dan kegunaan juga tak kalah penting dari bahan baku konveksi kaos. Karena sebelum memulai usaha produksi pakaian harus banyak belajar mengenai bahan-bahan dan alat yang hendak kita pakai agar tidak mengalami kesalahan produksi.

1. Benang Jahit

Jenis benang ini adalah benang yang banyak orang gunakan secara khusus untuk menjahit pakaian, dengan berbagai jenis yang bisa kita sesuaikan dengan bahan.

Bahan Baku Konveksi Kaos
tokopedia.com

2. Benang Obras

Jenis benang obras adalah benang yang digunakan untuk merapikan tepi kain setelah dijahit. Sehingga sisa benang tidak keluar dan terlihat berantakan. Selain itu Benang obras lebih halus dan terbuat dari bahan polyester sehingga terlihat halus dan mengkilat.

3. Benang Sulam

Jenis benang sulam adalah benang yang digunakan untuk menyulam kain, biasanya sulaman ini digunakan pada pakaian, taplak meja, sarung bantal dan lain sebagainya.

4. Benang Bordir

Jenis benang border digunakan untuk membordir atau menyulam dengan mesin jahit. Benangnya lebih mengkilap dari benang jahit biasa sehingga hasilnya akan terlihat bagus.

Bahan Baku Konveksi Kaos
tokopedia.com

5. Benang Karet

Seperti namanya benang karet ini terbuat dari karet sehingga teksturnya tebal dan elastis. Biasanya dipakai untuk membuat kerutan pada bagian leher, dada, lengan, perut dan pinggang.

6. Benang Nilon

Jenis benang nilon adalah benang yang berbahan dasar batubara, minyak bumi dan bahan kimia. Biasanya benang ini untuk menjahit terpal, sandal, sepatu dan bahan-bahan dari parasut.

7. Benang Sutera

Jenis benang sutra adalah benang yang terbuat dari serat kepompong, karena kuat dan mengkilap biasanya digunakan untuk menjahit baju istimewa seperti baju pesta.

Beberapa hal penting mengenai bahan baku konveksi kaos dan jenis benang tersebut biasa dipakai dalam usaha konveksi pakaian. Digunakan sesuai dengan jenis kain dan model pakaian yang hendak dikerjakan sehingga mendapatkan hasil yang terbaik.

Baca juga :

Baju Kelas

Konveksi Baju

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *