Arti Konveksi Baju

Arti Konveksi Baju

Arti konveksi baju bagi sebagian orang erat hubungannya dengan pembuatan pakaian. Karena saat mendengarkan kata konveksi otomatis langsung membayangkan deretan penjahit yang membuat produk pakaian secara massal.

Secara garis besar arti konveksi baju adalah usaha yang membuat baju dalam jumlah yang cukup besar. Sehingga tidak lagi mengerjakan produk yang jumlahnya hanya satuan. Biasanya mengerjakan secara massal dengan berbagai ukuran dan model.

Perbedaan Konveksi, Penjahit Dan Garmen

Konveksi ini biasanya membuat pakaian jadi secara massal dengan ukuran yang telah ada atau sudah baku. Sehingga untuk membuat baju tidak berdasarkan ukuran tubuh pemesan satu persatu seperti pada penjahit biasa. Melainkan dengan standar nasional yang sudah baku ukurannya.

Biasanya perusahaan konveksi cenderung mengerjakan baju sejenis kaos seragam, seragam sekolah, seragam olahraga dan lain sebagainya. Konveksi ini bisa berada di perumahan yang kecil bisa juga di tempat yang lebih luas. Meskipun begitu arti konveksi baju seringkali masih rancu bagi sebagian masyarakat.

1. Konveksi

Konveksi merupakan usaha pembuatan baju dengan skala kecil sampai menengah. Biasanya mengerjakan pesanan dari instansi maupun perusahaan kecil. Memesan pakaian di konveksi ini keuntungannya adalah semakin banyak jumlah pesanannya maka harganya akan semakin murah.

Arti Konveksi Baju

Baca juga :

Konveksi Baju

2. Penjahit Biasa

Usaha pembuatan baju secara perorangan atau grup yang mengerjakan pesanan pakaian satuan. Mereka biasa membuat baju berdasarkan ukuran sang pemesan. Biasanya biaya menjahit pakaian di penjahit biasa ini lebih mahal daripada perusahaan konveksi karena penjahit mengutamakan kualitas.

3. Garmen

Garmen adalah usaha pembuatan baju dengan skala yang jauh lebih besar daripada perusahaan konveksi. Karena perusahaan ini biasanya menggunakan mesin jahit yang lebih banyak bahkan lebih dari ratusan mesin.

Garmen bisa memproduksi ribuan pakaian setiap harinya. Tentunya biaya per potong pakaian jauh lebih murah karena minimal ordernya banyak.

Proses Konveksi Baju

Proses pengerjaan dalam konveksi baju biasanya mencakup 3 hal yaitu cutting making dan trimming atau yang lebih dikenal dengan singkatannya yaitu CMT. Sehingga proses ini sering orang sebut sebagai makloon, untuk lebih jelasnya bisa menyimak tiga proses utama di bawah ini.

1. Cutting

Cutting merupakan proses pemotongan bahan mentah alias kain untuk dijadikan bahan potongan yang siap jahit. Sehingga pada proses ini bukan hanya memotong saja, melainkan juga mengukur dan memberikan nomor pada potongan kain yang siap jahit.

Arti Konveksi Baju

2. Making

Making merupakan proses penjahitan dari bahan yang telah dipotong dan siap jahit. Bahan yang sudah disesuaikan ukuran dan nomornya tersebut dijahit sampai menjadi barang yang jadi dan siap pakai. Keseluruhan proses menjahit ini memerlukan kecermatan dan kecepatan yang tinggi dari para penjahitnya.

3. Trimming

Proses yang ketiga atau yang terakhir adalah tindakan trimming, untuk mengakhiri seluruh pengerjaan pakaian. Trimming ini memiliki arti sebagai proses pemangkasan yaitu memeriksa hasil dari baju yang selesai dijahit tersebut.

Pada proses inilah benang-benang yang mungkin tersisa di rapikan dahulu dan diperiksa kualitasnya. Setelah diperiksa sudah oke maka baju bisa disetrika dan diberi label. Setelah itu dikemas dengan rapi sebagai tindakan akhir dari proses pembuatan baju.

Banyak sekali konveksi yang baik dan handal di negeri ini, karena industri pakaian tidak pernah ada matinya. Itulah sebabnya selalu muncul konveksi baru dengan keunggulan masing-masing. Contohnya adalah bajukelas.com yang menerima pesanan baju sesuai dengan keinginan Anda.

Beberapa pengertian di atas sudah dapat memberikan gambaran yang baik mengenai arti dari konveksi baju. Sehingga dengan mengetahui perbedaan penjahit, konveksi dan garmen, konsumen dapat memilih tempat yang tepat ketika ingin membuat pakaian jadi.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *